Cleansing Water

About Cleansing Water

Halooo, apa kabar semua?
               Hari ini saya mau membahas tentang cleansing water, katanya cleansing water lagi booming banget ya di dunia perskincare'an. ketika kita harus membersihkan make up tapi males harus pakai dua langkah ala emak-emak baheula yaitu milk cleanser dan toner. padahal pembersihan 2 langkah ala emak-emak emang terbukti bersih mengangkat debut dan sisa make up sebelum kita tutup dengan mencuci muka. akan tetapi lantaran sifat kemalasan cewek-cewek maka produsen skincare pun mencari terobosan cleansing methode yaitu dengan pembersihan satu langkah.
          Cleansing water yang lagi booming sekarang adalah cleansing water yang mengandung micellar agent atau micellar water, micellar water mempunyai sifat seperti detergent (detergent disini bukan hanya ditunjukkan untuk detergent buat cuci baju, tapi detergent itu adalah sebutan untuk jenis bahan kimia yang dapat melarutkan minyak dan air, di dalam semua alat pembersih yang ada busanya maka artinya mengandung detergent) detergent yang dijelaskan dalam ilmu kimia, mereka punya 2 bagian tubuh yaitu kepala yang hidrofilik (suka air) dan ekor yang bersifat hidrofobik (suka minyak), itulah alasan kenapa pembersih yang mengandung detergent dapat melarutkan lemak yang menempel pada baju ataupun piring. lalu apa micellar water mengandung detergent? jawabannya tidak, micellar water adalah senyawa yang mempunyai sifat seperti detergent karena punya kepala yang hidrofilik dan ekor yang hidrofobik saja.
               Cleansing water yang mengandung micellar water ini cara kerjanya adalah dengan mengikat minyak dan make up yang sifatnya hidrofobik dengan bagian ekor si micellar water yang juga bersifat hidofobik, sedangkan bagian hidrofilik dari si micellar water menempel pada kapas yang kita gunakan untuk membersihkan wajah. Selain itu, micellar water di klaim sudah seperti cleanser dan sekaligus cuci muka,
            Sayangnya di indonesia baru ada satu brand yang benar2 lokal yang memproduksi cleansing water yang mengandung micellar water, yaitu mineral botanica. brand lain sebenarnya juga banyak yang memproduksi cleansing water, tapi mereka kebanyakan malah menyertakan alkohol sebagai bahan campuran terbanyak kedua setelah water sebagai agent utama cleansernya, seperti oval dan sariayu all in one cleansing, memang daya angkatnya terhadap kotoran bagus, tapi terlalu banyak alkohol tidak baik untuk kulit wajah, kalau mau dibandingkan antara ovale dan sariayu saya masih lebih toleran terhadap alkohol yang terkandung dalam sariayu, kalau ovale terasa seberti alkohol yang dicampur air, bukan air yang dicampur alkohol. Tetapi ada satu brand yang cleansing waternya tidak menyertaakan alkohol, yaitu cleansing water dari pixy, sebenernya dari pihak pixy tidak memnyebut cleansing tersebut sebagai cleanseng water, mereka hanya menyebutkan bahwa clenser tersebut water base dan non alcohol.
            Saya coba bandingkan ingredients dari Pixy yang tidak berjudul sebagai micellar water ataupun cleansing waterdengan Mineral botanica yang memproduksi cleansing water yang diklaim mengandung micellar water.

Pixy anti acne cleansing express (saya sudah memakai 2 botol):
Water, Propylene Glycol, PEG-6 Caprylic/Capric Glycerides, PEG-7 Glyceryle CocoatePachyrrhizus Erosus Root Extract, Phenoxyethanol, PEG-50 Hydrogenated Castrol Oil, Methylparaben, Fragrance, Salicylic Acid, Tocopheryl Acetate, Disodium Cocoyl Glutamate, Disodium Edta, Potassium Hydroxide, Menthol, Dipotassium Glycyrrhizate, Magnesium Ascorbyl Posphate.

Mineral Botanica Micellar Cleansing Water:
WaterPEG-7 Glyceryle Cocoate, poloxamer 184, Butylene Glycol, Glycerides, Allantoin, Phenoxyethanol, Diazolidinyl Urea, DMDM Hydantoin, Fragrance, PEG-40 Hydrogenated Castrol Oil, Propylene Glycol, Triethanolamine, Disodium Edta, Ethylhexylglycerin. 


         Bisa dilihat ingredients nya hampir mirip, yang membedakan cleansing water non alkohol dengan cleansing water with micellar water adalah pada kandungan poloxamer 184 nya, senyawa poloxamer 184 inilah yang berperan sebagai agen micellar, poloxamer 184 mempunyai rantai pusat yang sifatnya hidrofobik dan di apit oleh dua rantai yang sifatnya hidrofilik.
          Dari harga agak beda ya, si mineral botanica dengan isi 100 ml dibanderal 36 ribu, sedangkan pixy dengan isi 150 ml harganya ga nyampe 20 ribu, waktu itu saya beli lagi diskon malah cuma 15 ribu. Saya pribadi mikirnya toh cuma beda di kandungan poloxamer 184 doang, dan saya make up juga ga tebel tiap hari, lebih baik saya pakai cleansing water non alkoholnya pixy ya, dia murah dan cukub bagus aja ngangkat kotoran dan sisa make up, toh setelahnya saya juga tetap cuci muka. 
            Kalau mineral botanica masih masuk akal juga sih harganya segitu, coba kayak bioderma harga cleansing micellar water nya beratus-ratus ribu cuma untuk ukuran 100 ml ya, kalau kalian cuma pake bb cream sama bedak tabur doang sih saya saranin pakai cleansing water nya pixy aja, dengan catatan kalian tetap cuci muka setelah pakai cleansernya pixy ini. Kalau kalian kerjanya bener-bener full make up banget tiap hari dan suka males cuci muka ya mau ga mau harus beli micellar water yang kaya bioderma, karna kata orang-orang yang udah make sih bioderma emang beneran kece daya angkatnya terhadap make up dan sudah berasa kaya abis cucui muka.
Semua balik lagi ke pilihan masing-masing. Thankyou telah membaca postingan ini. Bye  Bye 

Komentar

Postingan Populer